BUDIDAYA CACING LUMBRICUS UNTUK OBAT


bengkelden, earthworm

jual bibit lumbricus rubellus, cacing untuk obat. bengkelden.

Cacing memang sudah banyak dimanfaatkan untuk bahan baku obat, terutama untuk obat typus / tipes / typhoid. Namun karena cacing itu banyak macamnya, tentu kita harus hati-hati mengambil cacing untuk obat itu. Menuut tempat hidupnya cacing dapat dibagi dua jenis, yaitu :

1. Cacing air

2. Cacing tanah.

CACING AIR

Adalah cacing yang biasa hidup di air, yang umum kita tahu adalah jenis cacing rambut atau cacing darah. sejauh yang penulis tahu, cacing jenis ini belum dapat dimanfaatkan untuk bahan baku obat. Cacing rambut banyak dimanfaatkan untuk pakan ternak ikan, terutama untuk ikan-ikan yang masih sangat kecil.

Ada sedikit masalah jika kita memanfaatkan cacing air untuk pakan ikan, yaitu cacing rambut ini karena ukurannya yang kecil-kecil, jika dia tidak termakan oleh ikan, dia akan bersarang di ingsang ikan, dan ini bisa merusak ingsang ikan tersebut, untuk itu  (mungkin) harus dipastikan cacing rambut tersebut sudah mati pada saat diberikan pada ikan sebagai pakannya, sehingga jika dia termakanpun dia tidak akan berkembangbiak disana.

CACING TANAH

Adalah cacing yng hidup ditanah, banyak sekali cacing jenis ini, diantaranya :

1. Cacing Lumbricus rubellus atau red worm atau cacing merah.

2. Cacing eisenia fetida atau cacing tiger

3. Cacing feryonix atau cacing biru atau cacing liar

4. Cacing Africa atau ANC atau kristal

5. Cacing susu

6. Cacing kalung

7. Cacing koot atau cacing cau

8. Cacing sondari. dan lain-lainya.

Dari sekian cacing tanah pun baru satu jenis cacing yang dapat digunakan sebagai bahan baku obat, yaitu cacing lumbricus rubellus atau cacing merah, namun demikian karena banyak yang menternak cacing lumbricus rubellus ini di media kotoran ternak, maka untuk mengambil cacing lumbricus rubellus sebagai bahan baku obat harus dipastikan dia diternak di media halal atau bukan media kotoran ternak, cacing untuk obat harus diternak di media halal atau bersih seperti : ampas aren, cocopiet, ampas teh, kompos daun-daunan.

Bagaimana pemnafaatan cacing tanah untuk pakan ternak ikan, dia bisa digunakan untuk pakan ikan,  dia tidak akan merusak ingsang ikan jika tidak termakan, karena ketahanan dia hidup dalam air hanya delapan jam saja, namun untuk mencegahnya sebaiknya cacing tanah ini jika mau digunakan sebagai pakan ikan, sebaiknya dicacah dahulu selain untuk memastikan dia tidak menggung, juga untuk memudahkan ikan-ikan kecil memakannya.

Kami menjual bibit cacaing tanah jenis lumbricus rubellus, silahkan ubungi kami di +6287821065097 +6287821918877 +6281313633536.

2 thoughts on “BUDIDAYA CACING LUMBRICUS UNTUK OBAT

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s