bengkelden agrobisnis

TERNAK CACING TANAH


bengkelden agrobisnis

Kami menjual bibit cacing lumbricus rubellus.

Diantara lebih dari 1800 jenis cacing yang dikenaloleh para ilmuwanada dua jenis cacing yang biasa kita pakai di dalam budidaya cacing danproses pembuatan pupuk organik, yaitu jenis Caing Lumbricus Rubellus dan Eisenia Fetida (cacing Tiger/harimau)

Cacing tanah jenis Lumbricus Rubellus adalahcacing tanah yang tergolong dalam kelompok binatang avertebrata (tidak bertulang belakang) yang hidupnya di tanah yang gembur dan lembab. Cacing ini adalah salah satu jenis cacing yang termasuk dalam kelompok cacing epigeic. Kedua jenis cacing ini sangat mudah untuk diternak ,selainitu perkembangbiakannya sangat cepat dibanding dengan jenis cacing lain.

Limbah kotoran sapi sangat bagus untuk pertumbuhan berat badan dan perkembangbiakancacing lumbricus Rubellus. Apa bila kita masukan 1 kg cacing lumbricus Rubellus pada satu kotakyang berisi media campuran1 kg serbuk gergaji yang telah kita rendam dalam air dengan tujuan untuk menghilangkan getah dan bau, dengan 3 kg kotoran sapi yang sudah lama atau sudah menghitam. Lalu kita berikan pakan dari ampas tahu atau ampas aren, maka dalam jangka waktu dua minggu cacing tersebut akan bertelur.

Setelah terlihat telurnya matang atau terlihat kekuningan, kita pisahkan antara cacing induk dengan telornya, induknya kita simpan kemedia yang baru dan telor yang berada dimedia tadi kita biarkan selama kurang lebih dua minggu, maka telor tersebut akan menetas setelah menetas baru kita kasih pakan secara rutin, dalam waktu satu bulan kemudian atau paling lambat 6 minggu cacing tersebut telah jadi dewasa dan siap bertelur seperti induknya.

Sementara itu, Induknya yang sudah bertelur, setelah dua minggu kemudian dia akan bertelur lagi. Terus begitu, bila pakannya bagus induk cacing tersebut setiap dua atau tiga minggu sekali ia akanbertelur.Dalam dua bulan dia akan menghasilkan empat keturunan, bila kita punya induk sebanyak 100kg dalam dua bulan kita akan punya 800kg calon anak cacing, bahkan bisa saja lebih karena setiap satu butir telur cacing lumbricus rubellus berisi 4 ekor anak cacing.

Cacing tanah menyimpan banyak khasiat. Kenyataannya, banyak orang yang mengonsumsinya untuk menyembuhkan beberapa penyakit, tanpa efek samping.

Menurut para ahli cacing Lumbricus Rubellus mengandung kadar protein sangat tinggi sekitar 76%. Kadar ini lebih tinggi dibandingkan daging mamalia (65%) atau ikan (50%).
Beberapa penelitian telah membuktikan adanya daya antibakteri dari protein hasil ekstrasi cacing tanah yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri gram negatif Escherichia coli, Shigella dysenterica, Staphylococcus aureus dan Salmonella thyp,
Dari berbagai sumber para ahli dan pakar cacing mengatakan bahwa banyak sekali manfaat dan khasiat dari cacing tanah ini . Diantaranya untuk:

Sembuhkan Typus
Menurunkan kadar kolesterol
Meningkatkan daya tahan tubuh
Menurunkan tekanan darah tinggi
Meningkatkan nafsu makan
Mengobati infeksi saluran pencernaan seperti typus, disentri, diare, serta gangguan perut lainnya seperti maag
Mengobati penyakit infeksi saluran pernapasan seperti: batuk, asma, influenza, bronchitis dan TBC
Mengurangi pegal-pegal akibat keletihan maupun akibat reumatik
Menurunkan kadar gula darah penderita diabetes
Mengobati wasir, exim, alergi, luka dan sakit gigi. (diolah dari beberapa sumber).

About these ads

114 gagasan untuk “TERNAK CACING TANAH

  1. Salam, saya berminat nak ternak cacing tanah secara komersial tetapi secara amnya saya masih tidak tahu bagaimana kadar pulangannya dari tarikh mula menternak hingga ke tempoh matangnya. Sekian terima kasih

  2. Salam,

    Saya ada stok najis/tinja kambing yang banyak. Sekarang tak tau nak buat apa dengan stok najis/tinja yang banyak tu.

    Apa kata saya jual murah-murah pada pengusaha ternakan cacing. Atau kita tukar suka sama suka tinja kambing dengan cacing.

    Hubungi saya jika berminat untuk berurusan. Sebab saya nampak prospek penternakan cacing ni suatu yang cerah!!

    Salam,
    Ali 012 6928884

  3. tuan saya amat berminat dgn ternakan cacing,macam mana saya nak dapatkan benih cacing, paling utama sekali dari segi penjagaan bagai mana pula.
    t.q

  4. Asalamualaikum,
    Pa khairul mengenaimodal yang diperlukan untuk permulaan ternak cacing ini tergantung berapa modal yang hendak di guna, karena dengan modal yang sedikit pun bapak sudah bisa, contoh bapak akan memulakan dengan jumlah cacing sebanyak 10 kg, yang pertama harus bapak lakukan adalah :
    1 . siapkan tempat cacing atau siapkan bekas cacing dengan ukuran minimal 60 cm x40cm, dan kotak ini bapak bisa buat dari kayu, plastik ataupun yang lainnya yang tersedia dan termurah cos nya menurut bapak sebanyak 10 unit.
    2 . siapkan juga rak tempat menyimpan bekas cacing tersebut sesuai dengan ukuran yang sesuai.
    3. siapkan media untuk cacing dan masukan media tersebut seberat 4kg untuk 1 kg cacing.
    4. setelah media semua terisi baru masukan benih cacing 10 kg tadi kedalam 10kotak yang sudah ada media masing-masing 1 kg.
    jadi sebetulnya modal tak perlu banyak dulu dan tempat pun bisa sedikit. kecuali bapak akan memulai dengan skala besar.

  5. saya amat berminat dgn ternakan cacing,macam mana saya nak dapatkan benih cacing, dari segi penjagaan bagai mana pula dan berapa modal permulaan, keluasan tanah dan bagaimana kadar pulangannya dari tarikh mula menternak hingga ke tempoh matangnya….

  6. saya tertarik untuk menjadi supplayer cacing merah ,kira2 berapa harga untuk membeli 1Kg cacing tersebut ?…… dan berapa harga pasaran di konsumen ?……. dan d mana saya bisa dapatkan cacing tsb ?……. bisa nggk ya untuk menjadikan tambahan penghasilan , terima kasih.
    agus (021) 915 44704 Bekasi pondok gede

  7. saya ingin mencoba tapi pertanyaan saya sama dengan beberapa rekan sebelumnya,yaitu bibitnya,pemasarannya/penampung, dan misalnya hasil panen ingin saya olah sendiri untuk pakan ternak ( pelet )bgmn caranya.
    tolong balas ke alamat email saya mj.dadak@gmail.com
    thanks

    • Media yang tepat untuk ternak cacing seperti yang saya buat adalah : Setiap 1 koli cacing kita simpan pada media sebanyak 10 kilo, dan media yang kita buat adalah 100% dari kotoran sapi yang umurnya sudah 2 minggu.
      media harus di jaga tetap pada kondisi lembab artinya tidak terlalu kering dan tidak terlalu basah.

    • Pengiriman ke Pulau Jawa bisa kita lakukan pa. kita biasa kirim sampai surabaya juga, dengan menggunakan titipan paket atau bis jika pesanannnya sedikit. jika banyak pesanannya yang melebihi 200 kg kita kirim..

  8. sy mnta no yg bs sy hubungi,n info ttg pemasaran hasil panen cacing tanah tersebut,dan cara mendapatkan bibit cacaing yang bagus

  9. Saya berminat budidaya cacing Lumbricus rubellus
    Saya domisili di BATAM.
    jika saya pesan indukan sebanyak 10Kg berapa harganya sampai di Batam, terima kasih.

  10. kenapa tidak pernah dijelaskan pemasaran/penjualan hasil budidaya cacing tsb, jd untuk apa diproduksi tapi kalo tdk bisa jualnya

    • dear pa setia

      Hasil ternak cacing sebenarnya bisa dipasarkan di sekitar daerah tempat tinggal bapa, di sana pasti ada peternak unggas dan ikan, selain itu juga hasil kascing nya juga bisa di jual ke petani di sekitar daerah sana.
      karena hasil ternak cacing bisa digunakan untuk :
      1. pupuk kascing , pupuk organik untuk semua jenis tamanan.
      2. hasil turunan cacing yang di ternakan bisa di gunakan sebagai pakan ikan lele,nila,belut,mas dan banyak lagi.
      3. hasil turunan cacing yang diternakan bisa juga di gunakan sebagi tambahan makan bebek dan itik, agar sering bertelor
      4. cacing bisa digunakan untuk obat obatan.

      trimakasih

  11. saya merupakan salah satu orang yang ingin mengembangkan budidaya cacing tanah di desa saya tapi saya masi belum punya baya referensi tentang hal itu oleh karena itu kami mohon pd penulis untuk ihlas memberikan banyak informasi tentang cara budidaya cacing.

    • salam pa kusnandar

      Budidaya cacing banyak manfaat yang bisa di ambil. dari budidaya cacing kita dapat menghasilkan :
      1. pupuk kascing , pupuk organik untuk semua jenis tamanan.
      2. hasil turunan cacing yang di ternakan bisa di gunakan sebagai pakan ikan lele,nila,belut,mas dan banyak lagi.
      3. hasil turunan cacing yang diternakan bisa juga di gunakan sebagi tambahan makan bebek dan itik, agar sering bertelor
      4. cacing bisa digunakan untuk obat obatan.
      Berikut ini akan saya jelaskan secara singkat ternak cacing yang saya lakukan di bandung,

      Ternak cacing bisa dibilang susah-susah gampang, karena ternak cacing sebenarnya dapat ditinggalkan tanpa di tungguin .

      Persipan yang harus di lakukan untuk ternak cacing adalah.

      1. Persiapan lahan
      2.Persiapan kandang cacing
      3. Persiapan media.

      Dalam ternak cacing tidak memerlukan lahan yang luas, bisa menggunakan kotak plastik bekas lengkeng atau kotak plastik yang lain, yang disusun bisa pakai rak atau tidak, seperti pada gambar.

      Media yang digunakan diantaranya adalah :

      1.Limbah kotoran sapi yang berumur 3 minggu.

      2.Sampah organik, seperti ampas aren, tebu dan kokopeet.

      Makanannya:
      1. Kotoran sapi yg baru 3 hari
      2. Ampas tahu, ongok / ampas singkong.

      Cara ternak:
      1. Masukan media kedalam wadah yg telah siap, sebanyak 3;1. Media 3kg, cacing 1kg.
      2. Beri makan 2-3 hari sekali.
      3. Aduk dulu media yg berisi cacing tsb, baru ditaburkan makanan tadi dengan cara dibuat seperti bubur.
      4. Setelah 2 minggu / banyak telurnya, pindahkan induk cacing ke media baru. Telurnya dibiarkan di media lama.
      6. Pada media yang ada telurnya tadi, ctelur cacing akan menetas hingga beranjak remaja, dgn memakan waktu selama 2,5 bulan, jika sudah remaja pindahkan cacing remaja tsb ke media baru dan media bekas nya disebut dengan kascing.
      5. begitu dan seterusnya. Selamat mencoba .

      Deden
      0878 2191 8877

  12. pak, untuk media cacing saya dengar bisa pake limbah blog jamur tirem….? krn saya budi daya jamur tirem ,spy bisa bermanfaat,,..
    salam,…

    • Dear dian

      Limbah blog jamur bisa di pakai sebagai media ternak cacing, tetapi syaratnya :
      1. Limbah blog jamur harus bersih dari kandungan kapur , karena biasanya semua blog jamur itu mengandung kapur, cacing tidak menyukainya.
      2. Blog jamur harus mengalami pembusukan atau yang sudah lama kehujanan dan kepanasan.

      Terimakasih
      den comar
      0878 2191 8877

  13. “artikel yg menarik..”
    saya seorang peternak ayam yg mulai memikirkan suatu alternatif pakan yg harga nya makin tak stabil.budidaya cacing ini mungkin jawaban yg tepat.trims untuk pak deden,smga ilmu nya bermanfaat untuk smua..

    • Salam Pak Zahril,

      Memang betul sekali Pak , bahwa ternak cacing itu sangat berguna bagi dunia peternakan dan pertanian, Bagi dunia peternakan cacing bisa digunakan sebagai paka alternatif, ikan patin,ikan lele,ikan hias koi,ikan lohan, belut, sidat dan lainnya, untuk unggas pun sama seperti pakan alternatif bebek,ayam, dan yang lainnya, apalagi cacing ini bisa diproses menjadi pelet yang mengandung protein tinggi…..
      bagi dunia pertanian ternak cacing bisa menghasilkan pupuk organik padat kascing , yang sangat cocok bagi semua jenis tanaman. apalagi sekarang pemerintah sedang menggalakan GO ORGANIK…saat ini kami memproduksi pupuk organik KASCING (bekas caing) 50 ton per bulan.

      untuk kerjasama yang selanjutnya jika berminat, silakan hubungi kami di Jalan kota mas 1 no 21. perum kota mas Cimahi jabar.

      terimakasih
      den comar
      0878 2191 8877

  14. Bila mencari kotoran sapi murni yang sudah 3 hari sulit krn jauh dari peternak sapi. Apa bisa diganti dedaunan busuk atau buah2an busuk. Yang mudah saya dapatkan adalah bekatul, serbuk gergaji, dedaunan, tomat busuk, rabuk kandang sapi bukan kotoran murni tetapi campur dg rumput sisa makanan.
    Mohon penjelasan terimakasih.

    • Salam pak Yoga

      Kotoran sapi bisa diganti dengan semua jenis sayuran seperti yang bapak sebutkan, jika buah-buahan busuk ,sayuran busuk dan yang lainnya itu mau dijadikan makanan cacing, alangkah baiknya sayuran atau buah-buahan busuk tersebut di blender dulu, biar hancur dan merata, karena cacing tersebut akan lebih senang jika makannanya semakin hancur dan di buat seperti bubur,…
      jika sudah seperti itu silakan bapak langsung berikan ke cacing dengan cara di taburkan diatas media yang ada cacingnya secara merata.

      Trimakasih
      den comar
      0878 2191 8877

  15. saya tertarik ternak cacing, tapi saya tidak tahu jenis cacing yang bisa di ternak itu seperti apa minta gmbaran yg lebih jelas ea,,,mohon di balas ke email saya………..

    regard
    khaerul anwar

    • Salam pak khaerul anwar

      Ada banyak jenis cacing tanah di dunia ini menurut para ahli ada sekitar 1800 jenis cacing, yang kami ternakan ada 4 jenis :
      1. cacing merah atau Lumbricus rubellus
      2. cacing Tiger atau Eisenia foetida
      3. Cacing biru atau Ferionyx
      4. cacing Afrikan nightclawler.

      terimakasih
      den comar
      0878 2191 8877

  16. saya Toni simatupang
    Mahasiswa politeknik Negeri Medan

    kami butuh 1kg untuk dikembangkan di wirausaha
    politeknik Negeri Medan
    ini merupakan pengajuan dosen kami pak

    kapan kami bsa beli pak

    • Pak Toni…
      Untuk order silahkan bapak buhungi kami langsung di 0878 2191 8877 atau 0878 210 650 97
      Namun sebelumnya maaf, barang bisa kami kirim dengan jumlah order tertentu,
      Untuk pengiriman ke luar pulai jawa minimum order 20 kg. untuk pulau jawa minimum order 10 kg.
      Trimakasih

    • Salam pak Setyo…
      Untuk tahu cara ternak cacing dengan baik, bapak bisa ikut pelatihan budidaya cacing yang kami adakan pada :
      tanggal : 30 oktober 2011 ( minggu )
      Tempat : Aula SMEA Sangkuriang, jl. sangkuriang. kota cimahi-jabar
      Jam : 08.00 – 16.00
      Investasi : Rp.500.000/orang
      Fasilitas : 1. Bibit cacing 8 kg + packing
      2. Modul pelatihan
      3. Alat tulis
      4. Makan siang dan snak.
      Silahkan hubungi kami di : 0878 2191 8877 atau 0878 210 650 97
      Trimakasih
      Den

    • Hallo Pak Tri Agus…
      Untuk order bapak bisa langsung telpon / sms kami di 0878 2191 8877 atau 0878 210 650 97,
      barang bisa kami kirim sampai ke kota Anda. untuk info lebih lanjut silahkan hubungi kami.
      Trimakasih
      Den

    • Salam Pak Suryo…
      Kalau bapak mau belajat ternak cacing, bapak bisa ikut pelatihannya di kami pada tanggal :
      Tanggal : 30 Oktober 2011 (minggu)
      Tempat : Aula SMEA Sangkuriang, jl.Sangkuriang Kota Cimahi-jabar.
      Matari : 1. Cara Ternak cacing lumbricus rubellus, cacing tiger, cacing biru. cacing kristal.
      2. Manfaat ternak cacing
      3. Prospek ternak cacing bagi dunia pertanian dan peternakan
      4. Praktek langsung cara ternak, panen dan pasca panen.
      Investasi : Rp.500.000/orang
      Fasilitas : 1. Bibit cacing sebanyak 8 kg + packing
      2. Modul pelatihan
      3. Alat tulis
      4. Makan dan snak.
      Bagi yang berminat silahkan hubungi kami di : 0878 2191 8877 atau 0878 210 650 97

      4.

  17. pak Comarudin..
    berkaitan dengan informasi pelatihan, penafsiran saya adalah peserta pada saat selsai pelatihan nantinya akan membawa 8 kilogram cacing. benarkah seperti itu pak? cara pendaftaran pelatihan gimana? mohon balas ke email saya ya pak di arsinta_littlesister@yahoo.co.id

    salam,
    risanti-jogjakarta

  18. salam kenal bapak comarudin..
    nama saya PRYA PERDANA.
    saya dari kabupaten mukomuko provinsi bengkulu.
    pekerjaan saya PNS pemkab mukomuko.
    saya tertarik dengan usaha bapak dan saya ingin mencobanya sebagai usaha sampingan.
    dan saya juga ingin bekerja sama dengan bapak.
    sebelum saya menjalankan usaha ini, saya butuh pengetahuan tentang budidaya cacing.
    mengenai pelatihan yg bapak adakan pada tgl 30 okt 2011 saya tidak bisa mengikutinya karna jarak dari mukomuko ke bandung sangat jauh, dan saya juga tidak bisa meninggalkan pekerjaan saya disini.
    kalau bapak menyediakan VCD tentang budi daya cacing dan sekalian dengan modulnya saya ingin membelinya dan mempelajarinya dulu. setelah itu saya ingn memesan bibit cacing dan ingin bekerja sama dengan bapak untuk proses berikutnya.
    email pryaperdana@ymail.com

    • salam pak prya perdana

      nanti saya akan kirim kan VCD tentang budidaya cacingnya. saya mohon alamat lengkap bapak, atau nanti kita bisa pelatihan jarak jauh via email atau bertelepon, insya allah pasti bisa.

      terimakasih

  19. salam kenal , saya dari lamongan
    saya sangat tertarik dengan artikel bapak dan kebetulan saya juga kuliah d bidang peternakan,
    klo boleh tau kapan ada pelatian lagi ?
    saya ingin mendalami budidaya cacing ini
    terimakasih sebelumnya

  20. saya sangat tertarik untuk mencoba mengembangkan cacing jenis lumbrecus rubellus. namun saya tidak memiliki bibitnya. bagaimana cara mendapatkan bibit cacing tersebut dan berapa harga perkilo indukannya sekaligus ongkos kirimnya.
    NB. saya bertempat tinggal di kabupaten solok selatan provinsi sumatera barat.

    • salam pak Fauzan ,
      silakan kontak no tlp 0878210 650 97,dengan bu hj wiwin untuk mendapatkan penjelasan cara mendapatkan bibit cacing ke daerah sumatra.
      trimakasih..

      den comarudin

  21. Saya tertarik dan berminat untuk ternak cacing.
    Tapi belum mengerti seperti apa tempat budidayanya.
    Mohon kasih gambaran wadah dan ukurannya, serta bagaimana mengoptimalkan lahan sempit.
    Salam kenal dan terima kasih

  22. Saya pernah dengar kalau Cacing ada kelas A, B, C dsb.
    Apa yang membedakan dan seberapa besar perbedaan harga di pasaran, serta bagaimanakah cara membudidayakannya untuk mendapatkan Cacing kelas A, B ataupun C?
    Terima kasih

  23. pak saya ingin ternak cacing lumbricus rubellus tp saya butuh bibit?, berapa harga /kg? dan bisa di kirim ke pontianak? karena saya tinggal di pontianak.
    ini nomor Hp saya (085245923392)

    • agar cacing tidak pada naik ..atau keluar media, langkah pertama adalah ganti media yang sekarang dengan media yang baru. karena penyebab cacing pada naik itu , dia ga betah di media tersebut, karena media nya mungkin tidak pernah diganti, media terlalu kering, media terlalu basah.

  24. Saya sangat tertarik dng budidaya cacing tanah ini , mungkin ada nomer yg bisa dihubungi ? . Apa ada sistem kemitraan yg bisa menampung hasil panen cacing . Terima kasih
    Mungkin bisa menghubungi saya.

    • Hallo pak Slamet.

      Kami sudah bekerjasama dengan beberapa perusahaan obat-obatan dan jamu, juga bekerjasama dengan beberapa koperasi, jika bapak mau kerjasama silahkan hubungi kami di 087821918877.

      Trimakasih
      Den Comar
      087821918877

  25. ada gak penampung hasil dari budidaya cacing tanah ini pak..?
    kalau ada berapa harga pasarannya perkilo……?
    atas jawabannya saya ucapkan terimah kasih…….!!!!!!

    • Hallo Pak Anto

      Yang nampung hasil ternak cacing ada, saya nampung hasil ternak cacing dari sekitar bandung, kalau didaerah lain saya kurang tahu…
      Untuk harga pasar, maaf sekali saya tidak bisa ekspos disini…

      Trimakasih
      Den Comar,

    • Hallo Pak Kasman..

      Cacing tanah ada banyak macamnya, ada sekitar 180 macam, cacing Lumbricus rubellus bukan cacing yang ada ditanah meskipun sekilas sepertinya sama, yang ada ditanah biasanya cacing tanah/ cacing susu, cacing kalung, cacing liar.

      Trimakasih.
      Den Comar

    • Pak hery yang terhormat
      kami bisa kirim cacing sampai ke lubuk linggau jika masih memerlukan.untuk masalah harga, silakan bapak hubungi saya di 0878 2191 8877. atau 08211 5555 694. terimakasih

    • Pak Hary..
      Minimal order kalau dikirim kesekitar jawa tengah dan Jawa timur : 10kg, kalau luar jawa 25kg.
      Untuk harga, silahkan hubungi kami di 0878 2191 8877 .

      Trimakasih

  26. Saya perlu cacing tanah jenis lumricus rubellus sekitar umur 2 minggu dengan ukuran yg sama… Bgaimana? bapak bisa kirimkan ke’Banjarmasin… saya perlu untuk penelitian skripsi saya sekitar 400 ekor…

  27. Maaf, kami yang ternak cacing tanah : lumbricus rubellus, kristal, tiger dan cacing biru, kalau ccg yang bapak sebut (sepertinya) bukan cacing tanah, tapai cacing penyakit yang ada di tubuh manusia… (maaf, kala u salah….).
    Trimakasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s